Informasi Hangat

Cara Ambil Sampel Untuk Metode Systematic Sampling (Pemilihan Sampel Sistematis)

ad+1

Salah satu metode pemilihan sampel probabilitas adalah metode systematic sampling. Metode systematic sampling ini memerlukan kerangka sampel. Kerangka sampel tersebut diperlukan untuk pemilihan sampel. Namun dalam hal ini tidak dibahas mengenai kerangka sampel, melainkan adalah cara mengambil sampel jika memakai metode systematic sampling.

Systematic sampling ini berguna jika fokus peneliti hanya pada satu angkatan. Nah, jika peneliti berfokus pada banyak angkatan, maka harus menggunakan metode Stratified Random Sampling.

Sebagai catatan, syarat untuk systematic sampling adalah data harus heterogen. Maksudnya heterogen adalah adanya laki-laki dan wanita dalam satu angkatan, atau dapat dikatakan berdasarkan jenis kelamin.

Misal terdapat dua kelas yaitu kelas A (100 murid) dan kelas B (93 murid). Untuk kelas A, laki-laki sebanyak 50 murid dan wanita sebanyak 50 murid. Untuk kelas B, laki-laki sebanyak 40 murid dan wanita sebanyak 53 murid. Asumsi sampel keseluruhan (n) adalah 93 sampel.




Note:
Tabel Krejcie belum saya cari. Untuk itu, sobat dapat mencari tabel Krejcie di mesin pencari seperti google dot com atau geevv dot com.


------------------------------
KILAS PENTING:
Kelemahan systematic sampling method memungkinkan untuk terjadinya bias sistematis, yaitu penyimpangan sampel dari tujuan penelitian karena sistematisasi yang digunakan oleh peneliti dalam pemilihan sampel. -Kelemahan Metode Systematic Sampling.


Artikel ini dibuat berdasarkan pemahaman penulis, baik dari bentuk tulisan maupun nontulisan.

0 komentar: