Informasi Hangat

Cara Menarik Sampel Dari Populasi Dengan Dua Model

ad+1

Dalam penelitian terdapat dua metode pemilihan sampel yakni metode pemilihan sampel probabilitas dan metode pemilihan sampel nonprobabilitas. Untuk saat ini akan dibahas metode pemilihan sampel probabilitas, salah satunya cara menarik sampel dari populasi.

Cara menarik atau menentukan jumlah sampel yang akan kita diambil dari total populasi terdiri atas dua model, yaitu model Slovin dan model Krejcie.



Berikut contoh untuk model Slovin.


Dalam penelitian, tingkat keyakinan kesalahan (error) terbagi menjadi dua yakni 5% dan 10%. Namun agar proses pengolahan data dapat dilaksanakan dengan aman dan cukup, disarankan untuk menggunakan tingkat keyakinan kesalahan (error) 5%. Jika memakai error 10%, biasanya, menghasilkan output data yang tidak jelas (tidak ada angka output). Ini untuk meringankan beban agar tidak mengerjakan 2 kali. Maka dari itu, gunakan tingkat keyakinan kesalahan (error) sebesar 5%.


Note:
Tabel Krejcie belum saya cari. Untuk itu, sobat dapat mencari tabel Krejcie di mesin pencari seperti google dot com atau geevv dot com.


------------------------------
KILAS PENTING:
Jika industri yang sedang diteliti hanya satu industri saja (industri perbankan) maka gunakan time series, yaitu gunakan data selama 5 (lima) tahun terakhir. Namun jika industri yang sedang diteliti adalah dari banyak industri (industri perbankan, industri manufaktur, dsb), maka gunakan cross section, yaitu gunakan data selama 3 (tiga) tahun terakhir. -Perbedaan Time Series dengan Cross Section.


Artikel ini dibuat berdasarkan pemahaman penulis, baik dari bentuk tulisan maupun nontulisan.

0 komentar: