Informasi Hangat

Cara Menghasilkan Output dari Olah Data SPSS

ad+1

Banyak software yang akan membantu kita dalam meneliti suatu objek. Salah satunya adalah SPSS (Statistical Package for Social Science). Namun, software EViews adalah yang lebih lengkap dibanding SPSS.

Setelah satu tahun kemudian kita tidak bertemu dengan software SPSS lagi, karenanya kita menjadi lupa bagaimana tahapan-tahapan dalam menghasilkan output analisis. Nah, berkaitan dengan itu, saya dan kalian akan mengetahui kembali tahapan-tahapan dalam menghasilkan output analisis.

Tujuan : Menghasilkan output analisis

 

Karena variabel bebas lebih dari satu, maka model regresi yang akan dibuat adalah regresi linier majemuk. Variabel bebas adalah EPS, ROE, PM, dan ROA. Sedangkan variabel terikat adalah Return. 
  1. Unduh bahan.
  2. Buka software SPSS (bila ada pemberitahuan, abaikan saja)
  3. Pilih kolom 'Variable View' (Panah Merah)
  4. Tuliskan nama Return, EPS, ROE, PM, dan ROA di kolom 'Variable View'.
  5. Pada langkah ke-4, perhatikan Type dan Decimals.
    Karena data Rasio Keuangan 39 Emiten menggunakan angka 2 desimal, maka pada bagian Decimals diubah menjadi angka 2.
  6. Pilih kolom 'Data View' (di samping kolom Variable View).
  7. Masukkan data berdasarkan file yang sudah diunduh tadi, sehingga menjadi seperti gambar.
  8. Tahapan-tahapan yang akan dilakukan pada regresi linier majemuk yaitu :
    • Klik 'Analyze', 'Regression', 'Linear'.
    • Setelah muncul dialogue box, masukkan variabel terikat pada kotak 'Dependent' dan variabel bebas pada kota 'Independent'
    • Selanjutnya, klik 'Statistics' dan beri centang sesuai dengan gambar
    • Setelah fasilitas Statistics selesai, kemudian pilih 'Plots'
      1. Untuk melihat kelayakan model, masukkan SDRESID ke kotak 'Y' dan ZPRED ke kotak 'X'. Selanjutnya klik 'Next', karena akan dibuat plot yang lain.
      2. Untuk melihat homokedastisitas, masukkan ZRESID ke kotak 'Y' dan ZPRED ke kotak 'X'.
      3. Untuk melihat normalitas, beri centang pada 'Histogram' atau 'Normal Probability Plot', atau kedua-duanya juga bisa. Tujuannya sama yaitu untuk menentukan apakah residual dari model yang didapat mempunyai distribusi normal atau tidak.
    • Kemudian klik 'OK' pada Linear Regression agar output dapat keluar.
Output analisis akan keluar seperti file : Output

Bila hasil output yang anda dapatkan sama dengan file Output, maka anda sudah mahir dalam menghasilkan output analisis.

75 komentar: Leave Your Comments

  1. Banyak software yang akan membantu kita dalam meneliti suatu objek. Salah satunya adalah SPSS
    Main sabung ayam cuma di BOLAVITA paling nyaman
    judi sabung ayam dengan presentase kemenangan tertinggi
    Untuk info lebih lanjut bisa melalui:
    whatup : 08122222995
    BBM: D8C363CA
    BBM: D8C363CA

    BalasHapus
  2. jika outputnya berisikan warning itu kenapa ya ka?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Secara spesifik, warning tersebut seperti apa sis?

      Hapus
  3. kenapa output spss tidak muncul di windows 8?

    BalasHapus
  4. Kenapa output SPSS tidak muncul ya di window 10

    BalasHapus
  5. Kenapa output spss 24 tidak muncul ya dan ada tulisan eror #9100 ? Mohon bantuannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di saat kode error #9100 keluar, ada keterangan apa pak/bu?

      Hapus
  6. Punya saya spss 16.0
    Saat d tekan ok outputnya tidak keluar

    Dan tidak ada respon sama sekali di layar

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saran saya, pakai SPSS versi 22 ke atas ya mba. Makin terbaru versi maka makin bagus program karena ada hal-hal yang sudah diperbaiki.

      Sudah punya SPSS versi terbaru kah?

      Hapus
    2. Belum
      Mungkin bpk ada ? Boleh berbagi

      Hapus
    3. Ada, saya berkenan berbagi.
      Jika mau, besok saya ada di perpusnas, insyaallah.
      Bagaimana?

      Hapus
    4. Waduh saya dari malang pak
      Mungkin kalo d email berkenan

      Hapus
    5. Besok, insyaallah, akan saya kirim.
      Boleh berikan emailmu?

      Hapus
    6. Silakan buka link ini ya. Silakan beri info jika tidak valid
      https://drive.google.com/open?id=1r39ZKUsvHugxceSg8Fw6myVqUVtePHwK

      *Pasang aplikasi Winrar terlebih dahulu

      Hapus
  7. Mas saya boleh minta spss 22 kasus saya sama kayak mbak diatas. Jika mas berkenan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo. Boleh, tapi belum ada waktu untuk saya upload. Mohon maaf karena lama ya

      Hapus
    2. Silakan buka link ini ya. Silakan beri info jika tidak valid
      https://drive.google.com/open?id=1r39ZKUsvHugxceSg8Fw6myVqUVtePHwK

      *Pasang aplikasi Winrar terlebih dahulu

      Hapus
  8. Saya juga pake windows 10 , kok malah ga muncul hasil output nya yaa? Saya pake spss versi 16 padahal

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gunakan versi terbaru ya. Atau versi 22 juga bisa.

      Hapus
    2. Silakan buka link ini ya. Silakan beri info jika tidak valid
      https://drive.google.com/open?id=1r39ZKUsvHugxceSg8Fw6myVqUVtePHwK

      *Pasang aplikasi Winrar terlebih dahulu

      Hapus
  9. Kak boleh berbagi spss versi terbaru kah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silakan buka link ini ya. Silakan beri info jika tidak valid
      https://drive.google.com/open?id=1r39ZKUsvHugxceSg8Fw6myVqUVtePHwK

      *Pasang aplikasi Winrar terlebih dahulu

      Hapus
  10. Kak boleh berbagi spss versi 22 ke atas lewat email sy
    widianti.s17@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silakan buka link ini ya. Silakan beri info jika tidak valid
      https://drive.google.com/open?id=1r39ZKUsvHugxceSg8Fw6myVqUVtePHwK

      *Pasang aplikasi Winrar terlebih dahulu

      Hapus
  11. Hasil uji muncul warning " FOR THE FINAL MODEL WITH DEPENDENT VARIABLE KEPUASAN_PELANGGAN, INFLUENCE STATITICT CANNOT BE COMUTED BECAUSE THE FIT PERFECT. itu kenapa, minta pencerahnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi, Triad.
      Dari kalimat warning tersebut, maksudnya adalah dengan variabel kepuasan pelanggan sebagai variabel dependen, statistik tidak bisa memberikan hasilnya karena model bapak sudah bagus. Jadi, tidak perlu ganti variabel dependen jika model bapak sudah bagus.

      Salam,
      Doni

      Hapus
  12. Saya kok gak bisa muncul outputnya?

    BalasHapus
  13. saya sudah donlod file spss terbaru bapak,cm tidak bs diinstal
    bagian mana ya yang diklik untuk instal?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi, Ujung Jalan.
      Silakan pilih link kedua dari laman ini yaa -> https://ebooktheory.blogspot.com/p/spss.html

      Semoga terbantu.

      Salam,
      Doni

      Hapus

  14. Yang butuh aplikasi spss 21&23 bisa menghubungi saya 082322576215

    BalasHapus

  15. Yang butuh aplikasi spss 21&23 bisa menghubungi saya 082322576215

    BalasHapus
  16. Kak saya boleh minta file spss nya? Shaviraayuw@gmail.com
    Terimakasih

    BalasHapus
  17. Kak.. Boleh minta spss 22 nya? Kasus saya sama dengan yang lain..
    Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi,
      Ku hanya punya versi 21 aja.
      Kalau mau, kirimkan emailnya yaa

      Salam,
      Doni

      Hapus
  18. Saya pakai spss 24 tp kok masukin angka
    Cth : 22,5
    Mlh yg kluar 225,0 tdk bisa 22,5
    Pdhl sdh saya atur
    3 dan desimal nya 1

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi, Adelli
      Coba kamu ubah koma jadi titik pada data view.
      Jadi: 22.5

      Jika berhasil, maka ubah tabulasi datamu yang pakai koma menjadi titik, kemudian masukkan kembali semua data di tabulasi data ke data view spss.

      Umumnya, hal itu terjadi karena simbol koma yang tidak match antara excel dengan spss

      Salam,
      Doni

      Hapus
  19. cara mengatasi excluded variabel bagaimana kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi, Dek.
      Mohon maaf. Untuk kasus terkait excluded variable, kakak belum tau.
      Silakan kunjungi ini, barangkali berguna yaa.

      https://azwar.staff.ugm.ac.id/tanya-jawab/comment-page-13/

      Salam,
      Doni

      Hapus
  20. Kak saya bingung, hasil perhitungan korelasi rank spearman yang saya hitung manual itu berbeda dengan hasil melalui SPSS. Sudah saya coba 3 kali untuk yang manual dan hasilnya tetap beda. Apakah memang hasil SPSS dan juga hasil perhitungan manual harus saama ya?

    kira-kira kenapa hasilnya berbeda ya kak? Mohon penjelasannya, terimakasih sebelumnya 🙏

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi.
      Kalau mengenai hasil yang berbeda dari kedua program tersebut, saya belum tau karena belum mengalami.
      Namun, masukan dari saya, baiknya gunakan SPSS saja sebagai alat uji dan sepertinya buku Ekonometrika karangan Suliyanto terdapat pembahasan tentang rank spearman secara teknisnya.
      Semoga membantu yaa.

      Salam,

      Hapus
  21. Yang butuh spss 16,21,22,23,24 hubungi 082322576215

    BalasHapus
  22. Yang butuh spss 16,21,22,23,24 hubungi 082322576215

    BalasHapus
  23. Assalamualaikum ka
    Saya make SPSS 16
    Masalah saya sama seperti yang lain yakni ketika hasil output tidak keluar dan tidak ada respon.
    Apakah saya boleh minta SPSS terbaru dari kk?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi, Heri

      Sudah saya kirim by email ya.
      Semoga skripsinya lancar ya

      Salam,
      Doni

      Hapus
  24. Email saya herisetiawan1569@gmail.com ka

    BalasHapus
  25. selamat malam
    saya pakai spss 16 output tidak keluar boleh minta emailnya jongdaniel3@gmail.com

    BalasHapus
  26. Maaf sebelumnya saya mau bertanya. Saya menggunakan SPSS untuk uji regresi logistik ordinal dan pada hasil outputnya tepatnya pada bagian test of parallel lines itu dbawahnya terdapat kalimat "The log-likelihood value is practically zero. There may be a complete separation in the data. The maximum likelihood estimates do not exist."

    Ini maksudnnya kenapa ya? Masalah nya ada d mana?

    BalasHapus
  27. Saya running data 4variabel x tapi hanya muncul 3 variabel di output, 1variabel tersebut angkanya sama. Kira2 kenapa ya kak? Bisa minta bantuannya melalui chat email atasyawisnu@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo,
      Bisa disebutkan sebuah note di bawah outputnya, kak? Barangkali saya bisa tau.
      Maaf atas keterlambatan responnya ya kak.

      Salam,
      Doni

      Hapus
  28. Output spss saya ko muncul tulisan warning, hasil output dari sresid dan zpred tidak muncul kenapa ya

    BalasHapus
  29. saya pake spss 16 tapi outputnya tidak keluar ... bagaimana ya pak ?

    BalasHapus
  30. kak spss 16 saya tidak bisa menghasilkan output,. boleh minta spss terbaru kak , email saya nurulfaizah9399@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi too,
      Mohon maaf saya tidak bisa mengirimkan filenya melalui email karena filenya besar dan sudah tidak bisa mengupload di google drive karena tim google tidak mengizinkan file berekstensi RAR masuk ke google drive lagi.
      Ada saran bagaimana saya bisa mengirimkan ke public melalui daring?
      Atau, jika adik berada di sekitar Jakarta bisa kita bertemu di salah satu tempat?

      Salam,
      Doni

      Hapus
  31. halo ka bisa dibantu saya untuk memberikan spss terbaru? karna versi 16 saya tidak dapat dibuka outputnya, minta tolong dikirim ke email saya onelysiamarthing@gmail.com .terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi too,
      Mohon maaf saya tidak bisa mengirimkan filenya melalui email karena filenya besar dan sudah tidak bisa mengupload di google drive karena tim google tidak mengizinkan file berekstensi RAR masuk ke google drive lagi.
      Ada saran bagaimana saya bisa mengirimkan ke public melalui daring?
      Atau, jika adik berada di sekitar Jakarta bisa kita bertemu di salah satu tempat?

      Salam,
      Doni

      Hapus
  32. Kak boleh minta spssnya? Yang versi 16 outputnya tidak bisa dibuka
    Ini email saya
    astriagaidaka@gmail.com
    Makasih kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi too,
      Mohon maaf saya tidak bisa mengirimkan filenya melalui email karena filenya besar dan sudah tidak bisa mengupload di google drive karena tim google tidak mengizinkan file berekstensi RAR masuk ke google drive lagi.
      Ada saran bagaimana saya bisa mengirimkan ke public melalui daring?
      Atau, jika adik berada di sekitar Jakarta bisa kita bertemu di salah satu tempat?

      Salam,
      Doni

      Hapus
  33. Kak boleh minta spss versi terbaru? Punya saya spss 16 tidak bisa keluar outputnya
    Ilham.abidillah@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi too,
      Mohon maaf saya tidak bisa mengirimkan filenya melalui email karena filenya besar dan sudah tidak bisa mengupload di google drive karena tim google tidak mengizinkan file berekstensi RAR masuk ke google drive lagi.
      Ada saran bagaimana saya bisa mengirimkan ke public melalui daring?
      Atau, jika adik berada di sekitar Jakarta bisa kita bertemu di salah satu tempat?

      Salam,
      Doni

      Hapus
  34. Halo kak, saya mengalami hal yg sama seperti yang di sebutkan di atas, hasil output nya tidak muncul menggunakan spss 16
    Boleh minta untuk di kirim spss yang kakak punya ke email saya oktafianiarin@gmail.com
    Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi too,
      Mohon maaf saya tidak bisa mengirimkan filenya melalui email karena filenya besar dan sudah tidak bisa mengupload di google drive karena tim google tidak mengizinkan file berekstensi RAR masuk ke google drive.
      Ada saran bagaimana saya bisa mengirimkan ke public melalui daring?
      Atau, jika adik berada di sekitar Jakarta bisa kita bertemu di salah satu tempat?

      Salam,
      Doni

      Hapus
  35. Permisi ka. Kenapa ya spss 16 tidak keluar outputnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi,

      Sepertinya SPSS versi 16 sudah tidak relevan pada kinerja windows sekarang ini.
      Sebaiknya gunakan SPSS versi 21/24 ya

      Salam,

      Hapus
  36. Output di saya ga keluar tabelnya ,jadi ada tulisan warning, the local subcomand of the SET command has invalid parameter. It could. Not be mapped to a valid backend locale
    Your temporary used period for IBM SPSS statistics will expire in 5497 days

    Tabelnya ga muncul tapi rwcode nya muncul
    Itu bagaimana ya..mohon bantuannya...
    Padahal saya pakai spss versi 25

    BalasHapus
  37. Olah Data Semarang 2021
    Menerima Jasa Olah Data Analisis Statistika Menggunakan
    SPSS, AMOS, LISREL, Frontier 4.1, EVIEWS, SMARTPLS, STATA
    DEAP 2.1, DLL
    Contact Person WhatsApp
    WA : +6285227746673 (085227746673)
    #olahdatasemarang_2021
    olahdatasemarang_2021

    BalasHapus
  38. Halo izin bertanya, saya menggunakan data laporan keuangan dan Inflasi untuk penelitian saya. Saya masih bingung untuk data inflasi karena datanya per tahun, dan laporan keuangan berdasarkan perusahaan. Jadi jumlah datanya tidak sama. Saya memohon saran dari bapak, terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi Jj,
      Jika data inflasi per tahun maka laporan keuangan satu perusahaan juga per tahun. Misal 5 tahun penelitian, maka data inflasi 5 tahun, data laporan keuangan PT A 5 tahun, PT B 5 tahun, dst sampai sampel perusahaan habis ya.
      Pastikan jumlah observasi datanya minimal 30. Jika tidak, biasanya uji asumsi klasik sulit terpenuhi dan dampaknya uji model kita juga tidak bisa dilakukan.
      Saran saya sebaiknya pakai data triwulan ya.

      Salam,
      Doni

      Hapus
  39. Balasan
    1. Mari diskusi ke donimuhamadramdoni@gmail.com mba

      Hapus
  40. Bg bagi dong spss terbarunya output saya tdk keluar

    BalasHapus
  41. kak kalo outputnya tidak keluar muncul warning gini knp ya
    The dependent variable pengelolaan keuangan id constant and has been deleted. Statistic cannot be computed. for models with dependent variable pengelolaan keuangan, the following variables are constans or have missing correlations: Pengelolaan keuangan, akuntabilitas, transparansi, partisipasi. They will be deleted from the analysis. For models with dependent variable pengelolaan keuangan, fewer than 2 variable remain. Statistics cannot be computed.

    BalasHapus
  42. Kak boleh minta spss yang diatas spss 16 endak?

    BalasHapus
  43. Ka kalo outputnya ada warning "For the final model with dependent variable XX, influence statistics cannot computed because the fit is perfect" itu artinya kenapa ya?

    BalasHapus