Informasi Hangat

Internal Control Quesionners (ICQ) Berbagai Aspek

ad+1

Dalam memeriksa sebuah perusahaan, sebelum memeriksa objek yang akan diperiksa (laporan keuangan), terlebih dahulu memeriksa pengendalian internal perusahaan atau internal control corporation. Pengendalian internal perusahaan yang diperiksa dilakukan dari beberapa aspek, yaitu:

  1. Aspek penerimaan kas
  2. Aspek pengeluaran kas
  3. Aspek modal
  4. Aspek aset
  5. Aspek hutang
  6. Aspek surat berharga dan investasi, serta
  7. Aspek lainnya.

Dari masing-masing aspek tersebut diperiksa oleh auditor independen untuk memenuhi tujuan audit. Tujuan audit secara umum yaitu untuk memastikan perusahaan bebas dari salah saji yang material. Untuk itu, maka penting bagi auditor melakukan pemeriksaan terkait pengendalian internal dalam perusahaan yang sedang diaudit olehnya. Yang paling efektif yang harus dilakukan oleh auditor untuk memeriksa kinerja internal perusahaan yaitu menggunakan kuesioner pengendalian internal atau internal control quesionners (ICQ).

Berikut merupakan dokumen-dokumen terkait pengendalian internal dari beberapa aspek yang dibuat dalam bentuk ekstensi (.doc) yang dapat kalian akses secara bebas.




1 komentar: Leave Your Comments

  1. saya mau tanya, klo responden hanya 1, mengambil kesimpulannya diperlukan perhitungan? atau ambil kesimpulan dari jawaban terbanyak?
    klo perhitungan? apakah dapat menggunakan skala likert?

    mohon bantuannya

    BalasHapus